*KEISTIMEWAAN IMAM SYAFI'I*

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

*KEISTIMEWAAN IMAM SYAFI'I* 

Suatu ketika Imam Syafii berkunjung ke rumah Imam Ahmad bin Hanbal dan bermalam disana. Dan setelah makan malam, Imam Syafii pergi ke kamar untuk tidur. 

Pagi harinya putri Imam Ahmad bertanya kepada ayahnya, "Wahai ayahku, apakah dia (yang bermalam) adalah imam Syafii yang sering ayah ceritakan kepadaku?"

"Iya wahai anakku". Jawab Imam Ahmad

Sang putri berkomentar, "Aku perhatikan 3 hal darinya (Imam Syafii) :

1. Ketika kita menjamu Imam Syafii untuk makan malam, dia makan dengan banyak

2. Ketika dia masuk ke dalam kamar, aku tidak melihatnya bangun di malam hari untuk sholat malam

3. Dan ketika dia sholat subuh bersama kita, dia tidak mengambil air wudhu terlebih dahulu."

Kemudian Imam Ahmad menanyakan tiga hal tersebut kepada Imam Syafii.

Imam Syafii menjawab 3 hal tersebut dengan berkata, "Wahai Ahmad...

1.Aku makan banyak karena aku tau bahwa makananmu bersumber dari rizki yang halal, dan kamu adalah orang yang dermawan. Makanan orang dermawan adalah obat dan makanan orang pelit adalah penyakit. Dan tidaklah aku makan banyak sampai perutku kenyang, kecuali karena aku ingin berobat dengan makananmu.

2. Dan aku tidak bangun malam untuk sholat malam, karena ketika ku letakkan kepalaku untuk tidur, seakan-akan aku melihat al quran dan hadits di depan mataku. Kemudian Alloh membukakan kepadaku 72 masalah tentang ilmu fiqih, dan aku ingin orang2 muslim mengambil kemanfaatan dari ilmu tersebut. Oleh karena itu aku tidak punya kesempatan untuk sholat malam

3.Adapun aku sholat subuh dengan kalian tanpa  mengambil wudhu terlebih dahulu, karena demi Alloh kedua mataku tidak tidur, maka aku tidak perlu berwudhu terlebih dahulu. Sungguh sepanjang malam tadi aku terjaga & tidak tidur. Maka akupun sholat subuh dengan kalian dengan wudhu isya.

Semoga menjadi pembelajaran buat kita semua.

Semoga kita terus bisa istiqomah dalam beribadah, senantiasa mensyukuri nikmat Alloh Ta'ala dan diberi kekuatan oleh Alloh Ta'ala utk menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin
🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩
*Hikmah *

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

_" *Allah* memberikan *Nikmat Kesenangan / Kekayaan* kepada orang - orang yg Dia cintai dan yang tidak Dia cintai, tetapi *Allah* hanya memberikan *Nikmat Agama* kepada orang yang Dia cintai saja ”_

_*( Al Habib Umar Bin Salim Bin Hafidz )*_

_*Selamat beraktifitas.... Semoga selalu dlm Keberkahan Allah SWT.... Aamiin*_

*Semoga bermanfa'at, Aamiin*

*Wassalamu'alaikum Warrahmatullahiwabarakhatuh*

Comments

Popular Posts