CARA MEMAHAMI PERKARA BID'AH DENGAN BENAR

CARA MEMAHAMI PERKARA BID'AH DENGAN BENAR

Untuk memahami istinbath hukum syar'i dg benar, tidak boleh menggunakan satu hadits saja, akan tetapi semua hadits yg berkaitan harus ditakhrij semua guna dipertimbangkan sblm diambil satu kesimpulan. Karna hadits jumlahnya banyak, dan antara hadits satu dg yg lain saling menafsirkan dan saling melengkapi. Terkait dg masalah Bid'ah, ada tiga hadits yg berkaitan dengannya, yaitu :

١. إياكم ومحدثات الأمور؛ فإن كل محدثةٍ بدعة، وكل بدعة ضلالة (رواه ابو داود )
٢. من سن في الإسلام سنةً حسنة، كان له أجرها، وأجر من عمل بها من بعده، لا ينقص ذلك من أجورهم شيئًا، ومن سن في الإسلام سنة سيئة، كان عليه وزرها، ووزر من عمل من بعده، لا ينقص ذلك من أوزارهم شيئًا (رواه مسلم )
٣. من عمل عملًا ليس عليه أمرنا فهو رد (رواه مسلم )
1. Hadits pertama, Nabi mengatakan :"jauhilah perkara2 baru, krna setiap perkara baru itu bid'ah, dan setiap bid'ah itu sesat". (HR Abu daud)

2. Hadits kedua, Nabi bersabda : "barang siapa yg menghidupkan tradisi2 yg baik dlm islam, maka dia dapat pahala darinya serta dapat pahala dari orang2 yg ikut melakukannya tanpa mengurangi dari pahala mereka. Dan siapa yg menghidupkan tradisi2 buruk dalam islam, maka dia mendapat dosa darinya serta dosa dari orang2 yg ikut melakukannya dg tanpa mengurangi dosa mereka". (HR Muslim)

3. Hadits ke tiga, Nabi bersabda : "barang siapa yg mengerjakan amalan, yg bukan bagian dari perkara agama kami, maka amalnya tertolak". (HR Muslim)

DENGAN mempertimbangkan ketiga hadits diatas, para Ulama' pun berkesimpulan sebagai berikut :

قوله صلى الله عليه وسلم (من سن فى الاسلام سنة حسنة فله أجرها) فيه الحث على الإبتداء بالخيرات وسن السنن الحسنات والتحذير من إختراع الأباطيل ... وفى هذا الحديث تخصيص قوله صلى الله عليه وسلم (كل محدثة بدعة و كل بدعة ضلالة) وأن المراد به المحدثات الباطلة والبدع المذمومة
( شرح صحيح مسلم للنووى ج ١٦ ص ٢٢٦)
1. Imam Nawawi :
"ucapan Nabi "man sanna fil islami" (hadits ke 2) adalah anjuran untuk memulai amal2 kebaikan dan menghidupkan kebiasaan2 baik serta peringatan menjauhi yg batil. Dan hadits itu juga menjadi pengecualian terhadap hadits "kullu bid'atin dholalah..." (hadits ke 1) krn yg dimaksud dg bid'ah dholalah adalah hal baru yg batil dan tercela.
(syarah sahih muslim jilid 16 hal.226)

المحدثات من الأمور ضربان أحدهما ماأحدث يخالف كتابا أوسنة أو أثرا أو إجماعا فهي البدعة الضلالة والثانية ماأحدث من الخير لاخلاف فيه لواحد من هذا وهي محدثة غير مذمومة .
(مناقب الشافعي للإمام البيهقي , ج ١ ص ٤٦٩)
2. Imam Syafi'i :
" Perkara baru itu ada dua macam, yaitu yg pertama sesuatu hal baru yg bertentangan dg al-qur'an, as-sunnah, atsar dan ijma', maka itu disebut bid'ah yg sesat.
Yang kedua adalah sesuatu yg baru namun baik dan tidak ada bertentangan dg salah satu dari hal diatas (qur'an,sunnah,atsar dan ijma'), maka hal itu disebut hal baru tapi tidak tercela.
(Manaqibus-syafi'i Imam Baihaqi, jilid 1 hal. 469)

 وما يقال إنه أبدع بعد رسول الله صلى الله عليه وسلم فليس كل ما ابدع منهيا بل المنهي بدعة تضاد سنة ثابتة وترفع أمرا من الشرع مع بقاء علته بل الإبداع قد يجب فى بعض الأحوال إذا تغيرت الأسباب
 ( إحياء علوم الدين للغزالى ج ٣ ص ٢ )
3. Imam Al-ghazali :
"apa yg disebut sbg hal baru sesudah era Nabi tidak semuanya terlarang, yg terlarang itu adalah yg bertentangan dg hadits dan mengangkat suatu  perkara dlm syariah dg tetapnya illat yg ada. Bahkan hal baru itu terkadang menjadi wajib bergantung berubahnya sebab2 yg ada. (Ihya' ulumudin jilid 3 hal.2)

والبدعة أصلها كل ما أحدث على غير مثال سابق وتطلق فى الشرع فى مقابلة السنة فتكون مذمومة والتحقيق إن كانت مما تندرج تحت مستحسن فى الشرع فهي حسنة وإن كانت مما تندرج تحت مستقبح فى الشرح فهي مستقبحة وإلا فهي من قسم المباح وقد تنقسم الى الأحكام الخمسة (فتح البارى ج ٤ ص ٢٩٨)

4. Syeikh Ibnu Hajar Al-asqolani :
"bid'ah adalah hal baru yg tidak ada contoh sebelumnya, jika dikaitkan dg hadits bisa menjadi tercela, namun hakikatnya jika hal baru itu berisi sesuatu yg baik dlm hukum syariah maka hukumya menjadi baik pula, demikian juga jika berisi hal buruk dlm pandangan syariah maka hukumnya juga tercela. Jika tidak ada dalil tentang baik atau buruknya, maka itu menjadi bid'ah yg mubah. (fathul bari syarah bukhori jilid 4 hal.294)

كل بدعة صدرت من مخلوق فلا يخلو أن يكون لها أصل فى الشرع أو لا فإن كان لها أصل كانت واقعة تحت عموم ما ندب الله إليه وخص رسوله عليه فهي فى حيز المدح وإن لم يكن مثاله موجودا كنوع من الجود والسخاء وفعل المعروف فهذا فعله من الأفعال المحمودة وإن لم يكن الفاعل قد سبق إليه
 (تفسير القرطبي ج ٢ ص ٨٧)

5. Imam Al-qurthubi :
"tiap hal baru yg manusia lakukan tak lepas dari petunjuk syar'i, namun terkadang juga tidak. Jika berdasar petunjuk syar'i, maka hukumnya termasuk dlm keumuman apa yg Allah beri fadhilah padanya dan apa yg Allah syari'atkan pd rasulullah. Namun jika tidak contoh sblmnya, seperti bentuk dan cara dlm memberi (hadiah,bonus,THR) dan perbuatan2 baik lainnya, maka semua itu termasuk amal2 terpuji walaupun bagi pelakunya tidak diberi contoh sebelumnya". (Tafsir Al-qurthubi jilid 2 hal.87)

وهي على قسمين بدعة ضلالة وبدعة حسنة... وهي ما رآه المسلمون حسنا ولا يكون مخالفا للكتاب أو السنة أو الأثر أو الإجماع 
(عمدة القارى فى شرح صحيح البخاري للشيخ بدر الدين العيني ج ٥ ص ٢٣٠)

6. Syeikh Badruddin Al ainy :
"bid'ah ada dua macam, ada yg dholalah dan juga yg hasanah. bid'ah hasanah adalah apa yg baik dalam pandangan umat islam, namun tidak bertentangan dg al-qur'an, hadits, atsar dan ijma' ulama'. 
(Umdatul qori syarah sahih bukhori, syeikh Badruddin Al-ainy jilid 5 hal.230)

وقد سئل رحمه الله عن حكم تقبيل الخبز هل هو بدعة أم لا وإن كان بدعة هل يكون حراما أم لا فأجاب أما كون تقبيل الخبز بدعة فصحيح ولكن البدعة لا تنحصر فى الحرام بل تنقسم الى الأحكام الخمسة ولا شك أنه لا يمكن الحكم على هذا بالتحريم لأنه لا دليل على تحريمه ولا بالكراهة لأن المكروه ما ورد فيه نهي خاص ولم يرد فى ذالك نهي والذى يظهر أن هذا من البدع المباحة فإن قصد بذالك إكرامه لأجل الأحاديث الواردة فى إكرامه فحسن ودوسه مكروه كراهة شديدة بل مجرد إلقائه فى الارض من غير دوس مكروه (الحاوى للفتاوى للسيوطى ج ١ ص ١٨١)

7. Imam Jalaluddin Asy-suyuthi :
"syeikh jalaluddin As-syuyuthi ditanya tentang hukum mencium roti, apakah itu bid'ah? apa hukumnya haram?"
beliau menjawab : "hal itu jelas bid'ah namun tidak bisa dikatakan haram, krn tidak ada dalil tentang keharamannya atau kemakruhannya, hukum yg pasti padanya (mencium roti) adalah bid'ah yg mubah jika dg mksd menjaga roti tsb. Yg makruh itu adalah menginjak -injaknya dg kemakruhan yg berat. bahkan membuangnya ke tanah walau tanpa menginjaknya sudah termasuk makruh". (Al-hawi lil fatawi, asy-syuyuthi jilid 1 hal. 181)

والحاصل أن البدع الحسنة متفق على ندبها وهي ما وافق شيأ مما مر ولم يلزم من فعله محذور شرعي ومنها ما هو فرض كفاية كتصنيف العلوم
( إعانة الطالبين فى حل ألفاظ فتح المعين للشيخ أبو بكر بن محمد شطا الدمياطي ص ٢٧١ )

8. Syeikh Abu bakar bin Syatho Ad-dimyathi :
"Dan kesimpulannya sesungguhnya bid'ah hasanah itu telah disepakati kesunnahannya, yaitu sesuatu yg tidak bertentangan dengan dalil2 yg telah disebutkan, serta tidak ada larangan secara syar'i dalam pelaksanaannya. Bahkan diantaranya ada bid'ah yg hukumnya fardhu kifayah seperti menulis kitab keilmuan".

( I'anatut tholibin syarah Fathul mu'in hal. 271 )

Comments

Popular Posts